Jasa Pembuatan Website di Lombok
Pengertian dan Beberapa Hal tentang Deface Website [Hacking]- Pengonaq Media
Deface Website
Pengonaq Media - Assalamualaikum sobat setia pembaca di blog ini, semoga kita semua senantiasa selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan yang maha Esa. Amin. Tulisan kali ini saya akan membahas tentang sebuah kegiatan yang dilakukan di dunia internet / dunia cyber yang biasa dilakukan oleh para hacker dan cracker iseng terhadap website-website tertentu yang disebut dengan Deface Website. Semoga informasi ini menarik buat sobat sekalian dan tentunya semoga bisa bermanfaat. Baiklah, tidak perlu berpanjang lebar, tetap stay dan simaklah tulisan ini dengan baik sampai selesai.

Pengertian Deface Website

Deface secara umum memiliki arti merusak, mencemarkan menggores, menghapus dan lain sebagainya. Nah, sedangkan deface yang akan kita bahas di sini adalah deface dalam arti atau pengertian dalam dunia komputer atau dunia website. Yang dimana pengertian deface dalam dunia website adalah kegiatan mengubah halaman suatu website tanpa sepengetahuan pemiliknya. Dan kegiatan deface ini bisa dibilang merupakan sebuah kegiatan kejahatan yang biasa disebut dengan kata hacking dalam dunia cyber. Deface terkenal juga dengan sebutan cyber graffiti alias corat-coret sebuah website layaknya orang yang sedang melukis dengan cara corat-coret pada kanvas lukisannya namun dalam konteks merusak

Teknis dalam Deface Website 

Secara teknis deface website ini dilakukan dengan cara memanfaatkan celah keamanan dari suatu website. Dan celah keamanan website itu sangat banyak salah satu contohnya adalah pada bagian keamanan entitas html (html entity) pada suatu website. Karena jika suatu website tidak memikirkan keamanan entitas html ini maka kegiatan deface website akan sangat mudah dilakukan dengan mengandalkan kode javascript. Dan masih banyak lagi contoh teknik yang lainnya. "Akan saya bahas pada tulisan selanjutnya di lain kesempatan. Di tunggu aja ya! rajin-rajin aja mampir ke blog ini! :D."

Tujuan dari kegiatan Deface Website

Tujuan dari kegiatan deface website ini sangat banyak diantaranya bertujuan untuk merubah tampilan sebuah website, baik halaman utama maupun halaman lain yang terkait. Motifnya juga bisa macam-macam, contohnya karena iseng, bisa karena si pelaku tidak suka dengan pemilik/perusahaan tertentu, balas dendam, ingin eksis (dianggap hebat), penasaran ingin menguji kemampuan, dan lain sebagainya. 

Akan tetapi menurut saya tidak selamanya kegiatan deface itu harus dibilang merusak/merugikan. Dalam kasus tertentu terkadang kegiatan daface website ini ditujukan untu kmemberitahu pemilik dari website korban bahwa ada celah keamanan dari websitenya yang harus diperbaiki lagi kemanannya. 

Kasus-Kasus Deface Website Yang Pernah Terjadi di Indonesia

  • Terjadinya Perubahan pada Website KPU
    Pada tanggal 17 April 2004, Seraong hacker bernama Dani Hermansyah melakukan deface terhadap website KPU dan mengubah nama-nama partai yang ada dengan nama-nama buah dalam www.kpu.go.id . Sontak hal ini mengakibatkan keprcayaan masyarakat terhadap Pemilu yang sedang berlangsung pada saat itu menjadi berkurang. Karena dengan berubahnya nama partai di dalam website tersebut, masyarakat pun berasumsi bukan tidak mungkin data angka-angka jumlah pemilih yang sudah masuk di sana menjadi tidak aman dan bisa diubah begitu saja.
  • Serangan Terhadap website Kepolisian Republik Indonesia
    Pada Bulan Mei dan Juni 2011 silam, mungkin mata sebagian user Internet beralih pada kasus “bobol”nya website Kepolisian Republik Indonesia yang beralamatkan http://polri.go.id. Kejadian tersebut kebetulan momentumnya dekat dengan penangkapan teroris di Jawa Tengah. Spekulasipun terjadi, dan bahkan ada yang mengaitkan serangan atas website Polri ini dilakukan oleh gerombolan teroris. Tidak dipungkiri memang ada kelompok teroris yang menggunakan media internet sebagai salah satu “amunisi” dalam melaksanakan teror seperti Imam Samudra yang notabene hacker dan mulai menggunakan ketrampilannya tersebut sejak tahun 2002.
    Seperti jamur dimusim hujan, setelah terjadi perubahan tampilan pada website Polri, beberapa website pemerintah yang berdomain .go.id ikut terkena dampak. Website Kementrian Komunikasi dan Informatika yang merupakan tonggak IT Indonesia juga tak luput dari serangan deface
Ok sobat, sekian dulu artikel ini sy akhiri sampai di sini saja dulu.

Terima Kasih sudah membaca Pengertian dan Beberapa Hal tentang Deface Website [Hacking]. Semoga Bermanfaat!